IDENTIFIKASI TEKS CERITA SEJARAH

Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks cerita sejarah.
2. Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam karakteristik teks cerita sejarah.


Manusia diberkahi Tuhan dengan kenangan dalam hidupnya. Peristiwa-peristiwa yang ditinggalkan di masa lampau akan abadi dalam kenangan. Sejarah adalah dinamika atau uraian tentang kejadian yang benar-benar terjadi di masa lalu. Dalam ilmu sejarah, kita mengenal manusia dari segi waktu, misalnya saja perkembangan masyarakat, pola hidup masuarakat, atau perubahan masyarakat. Semua itu dapat menjadi pembelajaran untuk manusia-manusia yang hidup setelah zaman itu terjadi.
      Kejadian di masa kini seringkali merupakan perulangan dari peristiwa-peristiwa di masa lalu. Untuk itu, cerita sejarah selalu dikisahkan turun-menurun agar kaum muda mampu menggali nilai dan kearifan yang terkandung di dalamnya. Meskipun Voltaire pernah berujar bahwa “Sejarah milik orang yang menang”, tetapi sebuah bangsa yang meyakini sejarah dapat menjadi sumber kekayaan dalam menghadapi berbagai persoalan hidup, akan menjadi bangsa yang siap maju dengan cita-citanya.
      Nah, sekarang bisakah kalian menyebutkan peristiwa-peristiwa sejarah tanah air yang fenomenal menurut kalian? Betul sekali, sungguh banyak sekali peristiwa-peristiwa besar yang pernah dialami bangsa ini. Kalian mengetahui kisah-kisah itu dari catatan maupun rekaman sejarah dari berbagai sumber yang kalian temukan.
      Pencatatan peristiwa yang terjadi di masa lampau itu termasuk bentuk teks cerita ulang atau teks recount dalam bahasa Inggris. Dalam teks cerita ulang, kita dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya pada setiap paragraf yang dihadirkan. Selain itu, dengan membaca teks cerita ulang kita dapat mengidentifikasi bagaimana struktur teks cerita sejarah itu sendiri dibangun. Agar mudah mengenali karakteristik teks cerita sejarah, kita harus mengumpulkan informasi dengan cara mengajukan pertanyaan kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana peristiwa itu terjadi.
      Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, kelak kita mengetahui bahwa struktur teks sejarah dibangun oleh tiga hal yakni orientasi, urutan peristiwa sejarah, dan reorientasi. Struktur teks sejarah tersebut dibalut dengan ciri lain berupa adanya kata penanda waktu yang menjelaskan adanya kronologi peristiwa dalam bacaan.

Mari kita mempelajari teks cerita sejarah berikut ini.

                  Sejarah Singkat Lahirnya Indonesia
Negara Indonesia adalah salah satu negara terbesar di dunia berdasarkan jumlah penduduk dan luas wilayahnya. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 13.667 pulau. Luas wlayah Indonesia seluruhnya mencapai 5.193.252 Km2. Gugusan kepulauan Indonesia terletak di antara garis 6 derajat Lintang Utara 11 derajat Lintang Selatan, dan di antara Garis Meredien 95 derajat dan 141 derajat Timur Greenwich.
      Bakal terjadinya bangsa ini bermula ketika Sriwijaya berdiri tahun 904 M dan menjadi pusat kebudayaan dan pusat ilmu pengetahuan Ke-Budha-an di kawasan Asia Tenggara. Kekuasaan Sriwijaya meluas hingga pengaruhnya mencapai wilayah Kamboja. Setelah Sriwijaya, muncullah kerajaan besar lainnya yang bernama Majapahit pada tahun 1293 M. Nama Majapahit sendiri berasal dari buah Maja yang rasanya pahit. Buah itu sendiri ditemukan anak buah Raden Wijaya. Kerajaan Majapahit mencapai puncaknya pada masa Hayam Wuruk dengan mahapatihnya Gajah Mada. Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa pada rentang tahun 1313 – 1364 M, semacam janji yang diikrarkan agar tidak bersenang-senang sebelum nusantara disatukan.
      Setelah bangsa asing mulai masuk wilayah nusantara dari mulai China, Portugis, Inggris, dan Belanda, banyak perubahan terjadi pada masyarakat nusantara. Hal tersebut terutama setelah bangsa asing membelokan niatnya untuk menguasai wilayah nusantara. Semangat melawan penjajah pun terus dikobarkan. Peperangan demi peperangan dilakukan antara rakyat pribumi melawan penjajahan asing. Hingga suatu hari, pada bulan Mei 1908 M berdirilah organisasi modern pertama yang didirikan rakyat pribumi dengan nama Boedi Oetomo. Mereka antara lain adalah Dr. Soepomo, Dr. Tjipto Mangunkusumo, dan Dr. Radjiman Wideodiningrat. Setelah itu, semakin banyaklah organisasi-organisasi di tanah air yang berjuang demi membebaskan bangsa ini dari penjajahan asing.
      Pada tahun 1945, ketika Indonesia beralih dijajah Jepang dibentuklah BPUPKI yakni Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Hingga 1 Juni 1945, Soekarno mengemukakan dasar negara Pancasila, lima dasar falsafah hidup bangsa Indonesia. Puncaknya, pada tanggal 15 Agustus 1945 Jepang menyerah tanpa syarat setelah Hiroshima dan Nagasaki dibom tentara sekutu. Sekutu yang mengalahkan Jepang waktu itu tidak berniat menguasai wilayah Indonesia yang masih dijajah Jepang. Karena kekosongan kekuasaan di Indonesia, muncullah ide untuk menculik Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok oleh para pemuda Indonesia dengan tujuan agar segera diproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia. Hingga tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno dan Hatta membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jakarta disertai dengan dikibarkannya bendera merah putih sebagai tonggak sejarah baru negara Indonesia muda. Maka setiap 17 Agustus, bangsa ini merayakan hari kemerdekaan bangsa Indonesia sekaligus hari lahirnya Republik Indonesia.

Mari kita identifikasi.

Identifikasi Informasi
a) Peristiwa yang diidentifikasi pada tahap orientasi ini adalah Lahirnya Negara Indonesia.
b) Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah rakyat Indonesia.
c) Peristiwa tersebut ditandai dengan proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agusuts 1945.
d) Peristiwa tersebut terjadi di Jakarta.
e) Peristiwa ini terjadi karena terdapat kekosongan kekuasaan di Indonesia setelah Jepang yang menjajah Indonesia menyerah kepada Sekutu.
Identifikasi ciri teks
Teks cerita sejarah Lahirnya Indonesia tersebut terdiri dari:
Orientasi: Negara Indonesia yang kaya
Urutan peristiwa sejarah: Dari asal mula Kerajaan Sriwijaya, Organisasi Pribumi, hingga penculikan tokoh kemerdekaan
Reorientasi: Proklamasi Kemerdekaan
Kata penanda waktu kronologis yang muncul: bakal terjadinya, berawal dari, setiap 17 Agustus, setelah bangsa asing, hingga suatu hari.

Poin Penting

Penyajian teks cerita sejarah harus berdasarkan urutan dimensi waktu yang dimulai dari awal atau asal usul cerita hingga yang paling akhir terjadi dalam orientasi. Hal tersebut disebut kilas balik.

Related Posts:

Post a Comment