Perbedaan dan Fakta mengenai England, UK dan Great Britain


Bila berbicara tiga sebutan ini dengan orang Indonesia, mungkin mereka akan menganggapnya sama. Padahal Ketiga-nya memiliki maksud yang berbeda. Selain ketiga sebutan tersebut, mari kita lihat Negara Inggris dari beberapa sisi yang membuatnya menjadi unik. Berikut ulasannya :

1. Bendera Negara

Bendera Inggris merupakan bukti dari kejayaan Inggris sebagai bangsa besar di Eropa dan dikenal di berbagai pelosok dunia. Bendera Inggris dan bendara negara lain memiliki kesamaan fungsi, yakni sebagai identitas negara. Setiap negara memiliki filosofi dan semangat sendiri-sendiri. Filosofi mewakili karakter masyarakatnya, filosofinya ini diterjemahkan dalam corak bendera beserta atributnya, begitu juga dengan bendera Inggris. Namun bila anda suka menonton tv saat gelaran World Cup atau Piala Eropa, anda yang cermat akan sedikit merasa bingung dan bertanya-tanya saat melihat bendera Inggris yang dipakai di jersey pemainnya dengan warna dasar putih dan warna merah berbentuk cross. Atau mungkin anda yang suka Bulutangkis juga melihat bendera itu di dada pemain Inggris. Lalu muncul pertanyaan di benak anda, "Bendera Inggris itu yang bener yang mana sih ? yang dipakai para atlet itu atau yang biasa ada di sampul kitab Bahasa Inggris ?". Jawabannya adalah benar kedua-duanya. Sebab Inggris adalah satu-satunya negara di dunia yang punya lebih dari satu bendera resmi.

Bendera Inggris ternyata memiliki tiga jenis bendera, ketiganya memiliki fungsi dan corak yang berbeda-beda. Ternyata, negara pangeran Charles memiliki beragam bendera. Bendera yang dipakai oleh tim nasional sepakbola Inggris adalah bendera nasional yang bernama Saint George Cross. Sementara itu, bendera Inggris yang bercorak silang-silang warna merah biru adalah bendera persemakmuran. Sungguh unik bukan?
Sangat menarik membicarakan bendera Inggris karena di dunia ini hanya Inggris yang memiliki bendera nasional lebih dari dua. Ketiga bendera Inggris menjadi simbol identitas negara dan kerajaan.

Seperti yang ditulis di atas, bendera Inggris ada tiga macam dan fungsinya pun berbeda-beda ada yang dipakai bendera nasional, bendera kerajaan, dan bendera Inggris raya. Berikut ini penjelasan tentang ketiga jenis bendera  Inggris.

a. Bendera Inggris Union Jack


Salah satu bendera Inggris yang terkenal adalah Union Jack. Bendera Inggris simbol Britania Raya atau Union Kingdom. Union Jack dibuat pada abad ke 18. Waktu itu, kerjaan Inggris ingin membuat bendera baru yang melambangkan negara-negara di bawah kekuasaan kerajaan Inggris. Sebenarnya, corak Union Jack merupakan campuran dari tiga bendara, yakni Anglettere, Ecoses, dan Irlande. Bendera Ecoses yang bergambar silang warna biru melambangkan Saint Patrict, santo pelindung Irlandia, ditambah dengan salib berwarna merah dari bendera Saint George cross. Kemudian, jadilah kompisisi gambar baru, yakni corak silang yang ditimpa salib.

Kemudian, warna salib di atas persilangan berubah menjadi merah, pada pinggirnya dilapis warna putih melambangkan saint Andrew, pelindung Scotland. Warna biru menjadi latarnya merupakan perwujudan ladang yang subur. Union Jack menjadi atribut resmi bagi negara-negara persemakmuran di bawah kerajaan Inggris. Dengan kata lain, bendara Inggris ini menjadi unsur bendara nasional, bagi Australia, New Zeland, Tuvalu, dan lain sebagainya. Ada 50 negara yang menjadi negara persemakmuran. Dan sebagian bendara nasionalnya terdapat unsur Union Jack dan Saint George Cross. 

b. Bendera Inggris Saint George Cross


Bendera Inggris kedua adalah Saint George Cross merupakan England Flag atau bendara nasional. Saint Goerge Cross dipakai untuk menandakan identitas negara England atau Inggris. St.George Cross bergambar salib merah dengan latar warna putih. Bendara Inggris ini dipakai untuk atribut negara seperti yang dicantumkan dalam badge kontingen atlet olahraga, seragam pemain sepak bola, bulutangkis, dll. Seragam tentara Inggris. Atau ada tentara Inggris yang gugur saat menjalankan tugas negara, maka peti jenazahnya pasti diselimuti bendera Inggris yang iniBendera ini menjadi bendera nasional Inggris pada abad ke-16 yang melambangkan Inggris selama Abad Pertengahan dan Perang Salib.

c. Bendera Inggris Royal Standard


Bendera Inggris ketiga bernama  Royal Standar, bendera dengan simbol tiga singa merupakan bendera resmi kerajaan Inggris. Royal Standar hanya dikibarkan untuk acara yang berbau kerajaan seperti penobatan raja, peringatan naiknya tahta raja, perkawinan, dan kematian saja. Bendera Inggris ini dikibarkan ketika Ratu Elizabeth beserta keluarga sedang berkunjung di sebuah istana milik kerajaan Inggris atau datang ke sebuah tempat di Inggris. Misalnya, ketika ratu sedang berada di Istana Kensington, maka bendera Saint George Cross yang tengah dikibarkan, diturunkan untuk diganti Royal Standard bendera kerajaan. Ini bertanda bahwa Ratu sedang berada di Istana Kensington. Demikian juga ketika beliau sedang mengunjungi kantor perdana menteri Inggris, bendara Royal Standard dikibarkan di depan kantor. Apabila ada kerabat kerajaan yang meninggal dunia, bendara Inggris ini, menjadi penghias peti jenazahnya. 

Inggris memiliki hari-hari peringatan di mana bendera Inggris dan bendera lainnya harus dikibarkan guna memperingati hari bersejarah bagi bangsa Inggris. Berikut ini merupakan momen-momen bersejarah yang kehadiran bendara Inggris harus ada, yakni :
1. Pada 9 Januari
Tanggal 9 januari merupakan hari istimewa bagi Cathrine Middleton, istri Pangeran William putra mahkota calon penerus tahta kerajaan Inggris. Setelah menikah dengan Pangeran William, otomatis resmi masuk menjadi anggota kerajaan Inggris. Pada 9 Januari merupakan hari ulang tahun Kate Middleton. Maka untuk memperingati hari ulang tahunnya, Bendera Royal Standard wajib dikibarkan di depan istana Inggris.
2. Pada 27 Januari
Setiap 27 Januari, bendera Inggris kedua, yakni Union Jack dan Saint Goerge Cross dikibarkan di seluruh instansi pemerintah dan sekolah-sekolah di Inggris. Pada tanggal 2 7 januari, hari memperingati Holocoust, peristiwa pembantai massal yang dilakukan oleh tentara Nazi di bawah kekuasaan Hitler, pada perang dunia kedua.
Peristiwa tragis sepanjang sejarah peradaban manusia, terjadi di beberapa tempat di Eropa, seperti Auswict, Polandia, dan Jerman. Pada peristiwa tersebut, keturunan Yahudi yang tinggal di Eropa dikumpulkan pada kamp konsentrasi, kemudian dieksekusi mati dengan cara di masukan dalam kamar gas. Tentara Inggris bersama sekutu berhasil mengalahkan tentara Nazi dengan serangan udara.  
3. Pada 6 Februari
Pada tanggal 6 februari merupakan hari bersejarah bagi Ratu Elizabeth. Pada tanggal 6 merupakan peringatan hari Aksesi Ratu Elizabeth. Bendara yang dikibarkan adalah Royal Standard. 
4. Pada 19 Februari
Tanggal 19 Februari adalah hari ulang tahunnya Pangeran Andrew  yang bergelar Duke of York. Pangeran Andrew merupakan anak ketiga dari Ratu Elizabeth. Pangeran Andrew bekerja di Angkatan Laut Kerajaan Inggris.
Dia menikah dengan Sarah Ferguson, wanita dari kalangan biasa. Namun, pernikahannya tak berlangsung lama. Pangeran Andrew cerai pada 1996. Dari Pernikahan dengan Fergie, dia dikarunia dua anak perempuan yang bernama Beatrice of Yorkdan Eugiene of York. Di hari ulang tahun putra-putri Ratu wajib mengibarkan bendara kerajaan. 
5. Pada setiap Hari Senin Minggu Kedua Bulan Maret
Senin minggu kedua bulan Maret diperingati hari persemakmuran. Pada hari itu bendera Inggris, Union jack dikibarkan seantero Inggris Raya, demikian juga dengan angota negara-negara persemakmuran wajib mengibarkan Union Jack. 
Itulah sedikit contoh-contoh momen khusus dimana bendera Inggris harus dikibarkan diseluruh tiang bendera. Ternyata masih banyak peristiwa sejarah di inggris yang diperingati dengan cara mengibarkan bendera Inggris.

2. Wilayah Negara

a. Wilayah Keseluruhan

England, Scotland, Wales, Great Britain mengacu pada bagian-bagian yang berbeda dari UK. Sejarah yang beragam antara England, Scotland, dan Wales telah membuat budaya dan tradisi yang berbeda juga.

b. United Kingdom (UK)

Nama United Kingdom (UK) mengacu pada England, Scotland, Wales dan Ireland. Meskipun Republic of Irlandia sudah merdeka tapi Northern Ireland (Irlandia Utara) masih bagian dari UK. Nama resmi Inggris yang sebenarnya adalah “United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland”

c. Great Britain

Berbeda dengan UK, Great Britain adalah sebutan untuk kesatuan dari England, Scotland dan Wales. Orang Scotlandia dan  Wales kadang marah kalau mereka disebut orang Inggris atau referred to as “English”. Karena mereka tidak tinggal di negara England dan mereka punya parlemen sendiri. Sering ada perbedaan jelas antara orang yang tinggal di masing-masing dari tiga negara di Great Britain. Hal ini karena berbagai kelompok masyarakat cenderung mengembangkan cara hidup dan kebiasaan mereka sendiri. Pusingnnya, dalam bahasa Indonesia, Britain dan England sama-sama diartikan Inggris, padahal sebenarnya beda.

Banyak orang berpikir bahwa orang inggris atau orang bule nyebutnya “English/England” adalah sama dengan orang British padahal bukan. Orang-orang inggris “English/England” adalah orang yang tinggal dan warga negara England. Di sisi lain,orang British adalah orang-orang yang tinggal di Great Britain (Britain/GBR) dan UK. Bingungkan? Padahal The Country of England ya termasuk kedalam bagian dari GBR dengan UK juga. tapi mereka gak mau disebut orang British tapi English People.
Ya mungkin karena gengsinya yang tinggi. Apalagi kalo masalah sepakbola, mereka gak masalah punya parlement sendiri-sendiri dan punya satu perdana mentri yang sama tapi mereka najis kalo punya satu tim sepakbola yang sama. Mereka maju sendiri-sendiri, ada Wales, England, Scotlandia dan lain-lain.
Sekian dulu Postingan kali ini, kalo masih bingung and gk faham sana tanya ama guru bahasa Inggris-mu aja.... Hhaha... Semoga Bermanfaat.... Bye bye... Dadada... Mmmhua...
Share and Comment !!!

Related Posts:

Post a Comment