Menginterpretasi Makna Teks Ulasan Film atau Drama

1. Pengertian Film

Film adalah lakon atau cerita hidup yang ditayangkan dengan bantuan teknologi, seperti kamera dan animasi. Tokoh di dalam film dapat diperankan oleh orang, benda, atau figur palsu seperti gambar. Film disebut juga dengan sinema.

2. Interpretasi Teks Ulasan Film/Drama

Arti kata interpretasi menurut KBBI adalah pemberian kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu. Tafsiran atau Interpretasi karya sastra tidak sekadar menafsirkan permukaan karya sastra saja tapi sampai pada kedalaman makna karya sastra tersebut. Untuk itu apabila akan menafsirkan karya sastra harus memiliki wawasan bahasa, sastra, dan budaya yang luas dan mendalam. Pencapaian interpretasi yang optimal bergantung pada kecermatan dan ketajaman penafsir. Karena bahasa merupakan media tanpa batas, maka setiap pembaca akan memiliki interpretasi yang berbeda terhadap karya sastra. Sebagian besar teks sastra bersifat simbolik. Teks cerpen merupakan salah satu teks sastra. Teks cerpen yang bersifat simbolik tidak menyajikan makna melainkan menyajikan fenomena. Untuk itu pembaca diharapkan mampu masuk ke dalam fenomena dalam cerpen yang dibaca. Untuk dapat menyelami fenomena, teks cerpen harus dibaca dengan hati-hati dan terus menerus. Sedangkan, Film adalah lakon atau cerita hidup yang ditayangkan dengan bantuan teknologi, seperti kamera dan animasi. Tokoh di dalam film dapat diperankan oleh orang, benda, atau figur palsu seperti gambar. Film disebut juga dengan sinema.

Maka, interpretasi teks ulasan film/drama adalah kegiatan dengan memberi apresiasi atau pemaknaan terhadap sebuah karya sastra sesuai dengan pikiran atau perasaan yang diperoleh pembaca/penonton terhadap karya tersebut. Kegiatan interpretasi ini dapat pula digunakan untuk mengapresiasi film atau teks sastra lainnya.
Kegiatan interpretasi lebih memfokuskan dan memprioritaskan pada pengkajian bagian-bagian yang paling melekat (organik), unsur-unsur dan simbol-simbol. Untuk itu, menginterpretasi atau menafsirkan drama/film ini sangat diperlukan untuk mengungkapkan makna yang tersembunyi atau sengaja disembunyikan pengarang.


Contoh Teks Ulasan Film

Salah satu film keluarga yang cukup menarik perhatian di tahun 2011 adalah Tendangan dari Langit karya sutradara terkenal Indonesia, Hanung Bramantyo. Film ini mulai rilis tanggal 26 Agustus 2011 di bioskop-bioskop Indonesia. Film bertema keluarga ini mengangkat kisah tentang seorang anak yang memiliki cita-cita tinggi dalam bidang sepak bola.

Anak laki-laki dengan kecintaannya terhadap sepak bola, Wahyu (Yosie Kristanto) mendapat tentangan dari sang ayah (Sujiwo Tedjo). Kemudian, suatu hari ia menyelamatkan anak-anak Persema di Malang yang pada akhirnya mempertemukan dirinya dengan sang pelatih. Peristiwa itu membawanya untuk melangkah lebih jauh lagi untuk meraih mimpinya menjadi seorang pemain sepak bola yang luar biasa. Sang ayah lambat laun mulai berubah pikiran setelah melihat perjuangan dan kecintaan anaknya pada sepak bola. Akhirnya sang ayah mendukung cita-cita anaknya tersebut.


Film ini menyuguhkan berbagai karakter dengan perkembangannya masing-masing dan bagaimana karakter Wahyu semakin kuat dengan cita-cita dan mimpinya. Selain karakter, latar tempat yang digunakan dalam film ini pun sangat menarik yaitu di sekitaran Gunung Bromo. Selain menceritakan tentang perjuangan seorang anak desa untuk meraih mimpinya, film ini juga seolah memberikan gambaran tentang Bromo yang indah.

Film ini menjadi salah satu film keluarga yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga terutama di hari-hari libur. Harapannya semoga semakin banyak film-film dengan tema keluarga yang menggugah semangat setiap anggota keluarga untuk bisa meraih mimpinya dan mempererat hubungan keluarga.

Contoh Interpretasi Isi Teks Ulasan Film

Penulis ulasan menganggap film Tendangan dari Langit ini sebagai film yang dapat menggugah semangat untuk meraih mimpi. Disebutkan bahwa ayah tokoh pertama menentang mimpi sang anak untuk menjadi pemain sepak bola. Namun, lambat laun sikap menentangnya berubah menjadi dukungan karena sang ayah selalu melihat kesungguhan mengejar mimpi anaknya. Hanya saja, memang tidak terdapat kalimat-kalimat yang bersifat kritik dalam tulisannya. Ada dua kemungkinan mengapa tidak ada unsur kritik dalam ulasan penulis di atas. Pertama, film Tendangan dari Langit ini adalah salah satu film yang memang sudah memuaskan dan hampir tidak memiliki kekurangan. Kedua, penulis ulasan tidak melihat dengan jeli bagian-bagian yang sebenarnya menjadi kekurangan dari film tersebut.

Poin Penting

Ada beberapa poin penting yang bisa diambil dari ulasan dan interpretasi ulasan film di atas diantaranya sebagai berikut.
a. Ulasan sebuah film merupakan pendapat pribadi yang dipadukan dengan informasi nyata tentang film tersebut.
b. Ada baiknya berani untuk menyajikan (meskipun hanya satu) kritik yang tujuannya membangun untuk film berikutnya.
c. Interpretasi ulasan film dilakukan dengan melihat dan membaca lebih dalam ulasan yang dibuat oleh penulis sehingga simbol-simbol yang terkandung di dalamnya bisa terlihat dengan jelas.

Related Posts:

Post a Comment