Tutorial dan Tips Membuat Komik Sederhana bagi Pemula


Sebelum membuat Komik, ada beberapa hal penting yang harus dipahami secara matang oleh Komikers. Berikut ini merupakan tahapan atau langkah sistematis yang harus dipahami sebelum membuat komik, antara lain :

1. Mempersiapan alat dan bahan
Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat komik sesuai dengan teknik apa yang akan kita gunakan, yaitu cara tradisional, hybrid dan digital

2. Membuat Skenario
Seperti film, komik memerlukan skenario. Berupa teks ,skenario merupakan hal yg menjabarkan ide dasar, alur cerita, konflik, penggarapan setiap karakter, latar belakang, tokoh, hingga menggambarkan lokasi kejadian. Semakin detail dan lengkap skenario komik, semakin mudah ilustator menuangkannya dalam bentuk visual.

3. Menyusun Storyboard
Storyboard adalah alat bantu untuk menyalurkan ide cerita kedalam bentuk visual. bentuknya berupa panel - panel bergambar berisi visualisasi adegan dari skenario. Untuk pembuatan storyboad awal, kamu tidak perlu menggambar sangat bagus. Yang penting jelas lewat gambar dan tidak menyimpang.

4. Membuat Sketsa
Wujudnya tidak jauh berbeda dengan storyboard. Sketsa menerjemahkan storyboard menjadi gambar yg lebih bagus dan detil. Ada 2 cara untuk membuat sketsa : secara manual dengan menggambar langsung sketsa diatas kertas, atau menggunakan tablet grafik agar sketsa langsung tersimpan ke PC.

5. Meninta Gambar
Sketsa perlu di pertegas dengan proses penintaan yang pada dasarnya berbeda dengan proses mewarnai. Ada 2 macam proses inking (penintaan). Jika dilakukan secara manual, proses inking diperlukan untuk mempertebal kertas sketsa (sebelum dipindai dengan scanner, jika menggunakan cara hybrid). Fungsinya agar detail sketsa terlihat lebih jelas saat dipindai dan disimpan kedalam PC. Alternatif lainnya, kmu juga bisa melakukan proses inking secara digital dengan memanfaatkan tablet grafik.

6. Mewarnai komik
Mewarnai komik merupakan tahap yg cukup penting dalam pembuatan komik kamu dapat mewarnainya secara manual maupun digital. Manual berarti mewarnai secara langsung menggunakan pensil warna, crayon, tinta atau cat lukis dan alat pewarna lain, sedangkan cara digital dengan memanfaatkan beberapa software seperti Adobe photoshop, Adobe Illustrator, CorelDRAW,atau Corel Painter.

7. Menentukan Output
Komik karya kamu bisa di cetak, ditampilkan secara online, atau disimpan kedalam format PDF. jika kamu inign memamerkan komik secara online, ubah format komik menjadi JPG, PNG, GIF atau TIFF dengan resolusi 72 dpi (dot per inch). Untuk kebutuhan cetak, ubah resolusinya menjadi 300 dpi. Beberapa software sudah menyediakan fasilitas untuk konversi.Materi pada subbab-subbab sebelumnya berkaitan dengan konsep pembuatan komik, untuk selanjutnya pada subbab kali ini akan dibahas mengenai contoh cara membuat komik (lebih tepatnya hanya berupa karakter komik).

Pembuatan karakter komik dibawah ini merupakan contoh proses membuat komik yang menggunakan cara Hybrid (Gabungan cara tradisional dan Digital). Peralatan yang digunakan antara lain pensil, kertas, penghapus,drawingpen (optional), scanner, seperangkat komputer beserta softwareAdobe Photoshop. Berikut langkah-langkahnya:


1. Buatlah gambar secara manual (lihat contoh di gambar di atas). Gambar tersebut digambar dengan menggunakan pensil dan kemudian dengan menggunakan drawing pen 0.2 dan 0.3 agar gambar lebih jelas dan rapi (agar proses pengeditan berjalan mudah, pastikan terlebih dahulu gambar yang hendak di scan ke komputer, garis-garis gambarnya tidak terputus-putus).
2. Setelah gambar selesai, scan gambar tersebut, kemudian simpan dalam bentuk JPG atau PNG atau GIF, kemudian masuk ke program Photoshop dan import gambar ke photoshop dan mulailah diedit.
3. Warnai gambar tersebut dengan tool yang ada di Photoshop. Untuk menyeleksi gambar dan mewarnainya dengan cepat, gunakan tool yang bernama Magic Wand Tool, kemudian warnai dengan warna yang sesuai dengan keinginan kita. Kita juga bisa menyesuaikanbackground dari gambar kita.
4. Jika ingin menambahkan shading pada bagian-bagian tertentu, kita bisa menggunakan Burn Tool untuk membuat warna pada bagian tertentu menjadi lebih gelap dan Dodge Tool untuk membuat warna pada bagian tertentu menjadi lebih terang. Berikut adalah hasil gambar yang telah di edit :


5. Untuk membuat efek kayu pada pohon seperti gambar di atas, pertamaselect gambar pohon dengan menggunakan Magic Wand Tool, kemudian gunakan Gradient Tool dengan menggunakan warna coklat dan hitam. Masih dalam keadaan area pohon yang terseleksi, masuk ke Menu FILTER – RENDER – FIBERS, kemudian sesuaikan Variance dan Strength sesuai dengan keinginan kita.
Selain contoh diatas, berikut ini ada beberapa contoh video yang berisi tutorial membuat karakter komik baik secara manual maupun digital.

1. Video Tutorial membuat karakter komik Nobita


2. Video Tutorial membuat karakter komik Jepang


Selamat Mencoba !!!

Related Posts:

Post a Comment